Contoh RPP K13 Kelas 2 Revisi 2018 Semester 2
Saturday, February 1, 2020
Add Comment
Unduh RPP Kelas 2 Revisi 2019 Semester 2 - Media Guru || Selamat datang untuk rekan - rekan guru di blog media guru. Di kesempatan ini kami sebagai admin akan kembali membagikan perangkat pembelajaran yang termasuk kedalam administrasi guru yaitu RPP Kurikulum 2013 Revisi 2018/2019. Dengan adanya RPP Kelas 2 Revisi 2019 Semester 2 yang akan kami bagikan ini dapat membantu semua proses pembuatan administrasi rekan-rekan guru di manapun berada.
RPP Kelas 2 Revisi 2019 Semester 2 ini merupakan hasil dari revisi antara 2018/2019 yang memang sudah di sesuaikan dengan standar kurikulum 2013 saat ini. Sehingga ini akan memudahkan rekan guru dalam penyusunan RPP dari file yang kami bagikan ini bisa menjadi acuan, referensi kedepannya.
Bagi siapapun yang RPP Kelas 2 Revisi 2019 Semester 2 mengajar di sekolah, terutama di sekolah dasar kelas 2 sangat membutuhkan bahan acuan RPP hasil revisi untuk menyelesaikan semua mata pelajaran yang di ajarkan di kelas kepada siswa. Jadi bagi rekan guru yang membutuhkan bisa mendownload melalui link yang sudah kami sediakan dibawah.
Contoh RPP K13 Kelas 2 Revisi 2018 Semester 2
Akan tetapi, sebelum mendownload RPP yang kami sedian ini, alangkah baiknya menyimak uraian singkat dari RPP yang kami bagikan ini dari RPP Kelas 2 Revisi 2019 Semester 2 berikut ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ..............................
Kelas /Semester : 2 / 2 (dua )
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 1 : Pengalamanku
di Rumah
Pembelajaran ke- : 5
Fokus Pembelajaran : Bahasa
Indonesia dan PPKn
Alokasi Waktu : 6
x 35 menit (6 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Mencermati
ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun
sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
|
3.6.1.Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan
huruf kapital tentang langkah-langkah koordinasi gerak kepala, tangan, kaki
dalam gerak tari dan mempraktikkannya dengan kerjasama dan disiplin.
|
4.6 Menyampaikan
ungkapanungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun
dalam kemajemukan..
|
4.6.1 Membaca
indah puisi anak tentang permainan tradisional dan mengidentifikasi serta
meragakan gerak pemanasan yang dilakukan sebelum melaksanakan permainan
tersebut secara mandiri dan tanggung jawab
|
PPKn
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”
|
3.1.1. Menjelaskan
hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
|
4.1 Menjelaskan
hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
|
4.1.1 Mengenal nilai kejujuran,
kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari..
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan mendengarkan guru
membacakan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi
anak tentang alam dengan benar.
2.
Dengan mendengarkan guru
membacakan puisi, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam
puisi anak tentang alam dengan benar.
3.
Dengan mengamati teks
“Burung Kutilang”, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam (dengan
lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.
4.
Dengan mendengarkan
temannya membaca indah puisi anak tentang alam, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak
tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan
tepat.
5.
Dengan mengamati gambar
Beni bergantungan, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan
tangan dalam aktivitas dengan baik.
6.
Dengan mempraktikkan
variasi gerak bergantung dengan tangan, siswa dapat menjelaskan variasi gerak
bergantung dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
7.
Dengan mengamati gambar
beberapa pilihan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua, siswa
dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua
Pancasila dengan tepat.
8.
Dengan
menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila,
siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila
sila kedua di rumah dengan baik.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1. teks tentang sila pertama Pancasila
2. peta pikiran, mengenai senam lantai
3. teks,
teks percakapan
E.
Media dan Alat Pembelajaran
a. Teks puisi diadopsi dari lagu “Burung Kutilang”.
b. Gambar berbagai gerakan bergantung dengan
tangan.
c.
Gambar beberapa pilihan
tentang contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila.
F.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
G. MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
H. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek
kehadiran siswa.
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali
setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan
tentang sikap syukur.
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan
penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin
yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan
kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan
suasana kembali.
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
Ayo Mengamati
• Siswa mendengarkan guru
membacakan puisi berjudul “Burung Kutilang”
(mengamati). Guru dapat menyajikan
puisi dengan mempertontonkan
video pembacaan puisi atau
menggunakan media audio pembacaan puisi.
• Siswa bertanya jawab tentang
cara membaca puisi (menanya).
Ayo Berlatih
• Siswa bertanya tentang puisi
yang disampaikan gurunya (menanya).
• Siswa membuat pertanyaan tentang
puisi yang didengarnya (menanya).
• Siswa menukarkan pertanyaan yang
dibuat dengan teman sebangku
(mengomunikasikan).
• Siswa saling menjawab pertanyaan
(menalar).
Ayo Berdiskusi
• Siswa menentukan makna kata yang
terdapat di dalam teks puisi yang didengarnya (menalar).
• Siswa berdiskusi bersama
temannya (mengomunikasikan).
• Siswa menulis hasil diskusinya
di dalam kolom yang sudah disediakan (mencoba).
• Siswa mencari kata di dalam
kotak sesuai dengan kata di dalam isi puisi (mencoba).
• Siswa melakukannya secara
berkelompok (mencoba).
Ayo
Membaca
• Siswa kembali bertanya jawab
tentang cara berpuisi (menanya).
• Siswa membacakan puisi “Burung
Kutilang” (mencoba).
• Siswa lain menuliskan
tanggapannya di dalam kolom yang sudah
disediakan (mengomunikasikan).
• Siswa mengomentari tentang
penggunaan lafal, intonasi, dan ekspresi (mengomunikasikan).
Ayo Mencoba
• Siswa mengamati gambar Beni
bergantungan (mengamati).
• Siswa bertanya jawab tentang
cara melakukan gerakan bergantungan
dengan tangan (menanya).
• Siswa mencobakan gerakan
bergantungan dengan tangan di bawah
pengawasan guru (mencoba).
• Siswa mencobakan setiap gerak
bergantung dengan tangan (mencoba).
Ayo
Bercerita
• Siswa bertanya jawab tentang
perasaannya setelah melakukan gerak
bergantung dengan tangan
(menanya).
• Siswa menyebutkan cara melakukan
gerak bergantung dengan tangan (mencoba).
• Siswa menceritakan pengalamannya
melakukan gerak bergantung
dengan tangan (mengomunikasikan).
Ayo Berlatih
• Siswa mengamati pilihan gambar
yang menunjukkan sikap yang sesuai
dengan sila kedua Pancasila
(mengamati).
• Siswa memberikan tanda centang
() untuk gambar yang sesuai
(mencoba).
Ayo Mengamati
• Siswa mengamati gambar Ayah
menolong Beni (mengamati).
• Siswa bertanya jawab tentang
gambar yang diamati (menanya).
Ayo Bercerita
• Siswa bertanya jawab tentang
gambar yang sesuai dengan sila kedua
Pancasila (menanya).
• Siswa menyebutkan beberapa
gambar yang sesuai (mencoba).
• Siswa bertanya jawab tentang
pengalamannya dalam menerapkan sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila
(menanya).
• Siswa menceritakan pengalamannya
di depan kelas (mengomunikasikan).
• Siswa juga menuliskan pengalaman
di dalam kolom yang sudah
disediakan (mencoba).
|
180 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang
telah berlangsung:
●
Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
●
Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari
ini.
3.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran
pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua
yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan
pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu
menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.
Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
|
15 menit
|
I.
PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
3. Keterampilan
a. Membaca
indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang
tepat).
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penggunaan kata
dalam santun
berbahasa.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa tubuh
yang sangat
santun.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
yang sangat
santun dan
bahasa tubuh
yang cukup
santun atau
sebaliknya.
|
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang cukup
santun.
|
Belum mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang
santun.
|
2
|
Penggunaan lafal,
intonasi, dan
ekspresi.
|
Mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
|
Mampu
sebagian besar
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.
|
Mampu
sebagian kecil
mempraktikkan
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
|
Belum mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.
|
b.
Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan).
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Memilih alat
ukur yang sesuai
dengan benda.
|
Mampu memilih
semua alat ukur
yang sesuai
dengan benda.
|
Mampu memilih
sebagian besar
alat ukur yang
sesuai dengan
benda.
|
Mampu memilih
sebagian kecil alat
ukur yang sesuai
dengan benda.
|
Belum mampu
memilih semua
alat ukur yang
sesuai dengan
benda.
|
2
|
Mengukur
panjang benda.
|
Mampu mengukur
panjang benda
yang sesuai
dengan ukuran
yang sebenarnya.
|
Mampu
mengukur
sebagian besar
benda yang
sesuai dengan
ukuran yang
sebenarnya.
|
Mampu mengukur
sebagian kecil
benda yang sesuai
dengan ukuran
yang sebenarnya.
|
Belum mampu
Belum mampu
mengukur
panjang benda.
|
c. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai
Pancasila sila pertama di rumah..
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali(4)
|
Baik(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Menceritakan tiga
sikap sesuai sila
pertama Pancasila
berdasarkan
pengalaman..
|
Mampu
menceritakan tiga
sikap sesuai sila
pertama Pancasila
berdasarkan
pengalaman.
|
Mampu
menceritakan
dua sikap sesuai
sila pertama
berdasarkan
pengalaman.
|
Mampu
menceritakan satu
sikap sesuai sila
pertama Pancasila
berdasarkan
pengalaman.
|
Belum mampu
menceritakan
sikap sesuai
sila pertama
Pancasila
berdasarkan
pengalaman.
|
2
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai
seluruh ruang
kelas.
|
Terdengar
sampai
setengah ruang
kelas.
|
Terdengar hanya
bagian depan
ruang kelas.
|
Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar.
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
............................................
NIP......................................
|
NIP......................................
Guru
Kelas 2
............................................
NIP......................................
|
Untuk lebih jelasnya silahkan unduh dibawah ini melalui link yang sudah kami sediakan.
RPP Kelas 2 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tematik
Download Juga :
Demikianlah yang dapat kami informasikan, semoga dari Unduh RPP Kelas 2 Revisi 2019 Semester 2 dapat membantu rekan-rekan guru untuk menyelesaikan administrasi di sekolah.
0 Response to "Contoh RPP K13 Kelas 2 Revisi 2018 Semester 2"
Post a Comment