-->

Contoh RPP K13 Kelas 2 Revisi 2018 Semester 2

Unduh RPP Kelas 2 Revisi 2019 Semester 2 - Media Guru || Selamat datang untuk rekan - rekan guru di blog media guru. Di kesempatan ini kami sebagai admin akan kembali membagikan perangkat pembelajaran yang termasuk kedalam administrasi guru yaitu RPP Kurikulum 2013 Revisi 2018/2019. Dengan adanya RPP Kelas 2 Revisi 2019 Semester 2 yang akan kami bagikan ini dapat membantu semua proses pembuatan administrasi rekan-rekan guru di manapun berada.

RPP Kelas 2 Revisi 2019 Semester 2 ini merupakan hasil dari revisi antara 2018/2019 yang memang sudah di sesuaikan dengan standar kurikulum 2013 saat ini. Sehingga ini akan memudahkan rekan guru dalam penyusunan RPP dari file yang kami bagikan ini bisa menjadi acuan, referensi kedepannya.

Bagi siapapun yang RPP Kelas 2 Revisi 2019 Semester 2 mengajar di sekolah, terutama di sekolah dasar kelas 2 sangat membutuhkan bahan acuan RPP hasil revisi untuk menyelesaikan semua mata pelajaran yang di ajarkan di kelas kepada siswa. Jadi bagi rekan guru yang membutuhkan bisa mendownload melalui link yang sudah kami sediakan dibawah.

Contoh RPP K13 Kelas 2 Revisi 2018 Semester 2
Contoh RPP K13 Kelas 2 Revisi 2018 Semester 2

Akan tetapi, sebelum mendownload RPP yang kami sedian ini, alangkah baiknya menyimak uraian singkat dari RPP yang kami bagikan ini dari RPP Kelas 2 Revisi 2019 Semester 2 berikut ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        :  ..............................
Kelas /Semester           :  2  / 2 (dua )
Tema  5                        :  Pengalamanku
Subtema 1                    :  Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran ke-        :  5
Fokus Pembelajaran   :  Bahasa Indonesia  dan  PPKn
Alokasi Waktu            :  6 x 35 menit (6 JP)

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
            Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
          3.6.1.Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital tentang langkah-langkah koordinasi gerak kepala, tangan, kaki dalam gerak tari dan mempraktikkannya dengan kerjasama dan disiplin.
4.6 Menyampaikan ungkapanungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan..
            4.6.1 Membaca indah puisi anak tentang permainan tradisional dan mengidentifikasi serta meragakan gerak pemanasan yang dilakukan sebelum melaksanakan permainan tersebut secara mandiri dan tanggung jawab

            PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
         3.1.1. Menjelaskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
4.1.1 Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari..

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.        Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
2.        Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
3.        Dengan mengamati teks “Burung Kutilang”, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.
4.        Dengan mendengarkan temannya membaca indah puisi anak tentang alam, siswa dapat  mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan tepat.
5.        Dengan mengamati gambar Beni bergantungan, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan tangan dalam aktivitas dengan baik.
6.        Dengan mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan tangan, siswa dapat menjelaskan variasi gerak bergantung dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
7.        Dengan mengamati gambar beberapa pilihan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan tepat.
8.        Dengan menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila kedua di rumah dengan baik.
D.  MATERI PEMBELAJARAN
1.      teks tentang sila pertama Pancasila
2.      peta pikiran, mengenai senam lantai
3.      teks,  teks percakapan

E.  Media dan Alat Pembelajaran
a.       Teks puisi diadopsi dari lagu “Burung Kutilang”.
b.      Gambar berbagai gerakan bergantung dengan tangan.
c.       Gambar beberapa pilihan tentang contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila.
F.   METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran  :            Saintifik.
Metode Pembelajaran        : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

G. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat          : 1. Teks bacaan.
            2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
            3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan                  : -
Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                           
H.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.          Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
15 menit
Kegiatan inti
 Ayo Mengamati
• Siswa mendengarkan guru membacakan puisi berjudul “Burung Kutilang”
(mengamati). Guru dapat menyajikan puisi dengan mempertontonkan
video pembacaan puisi atau menggunakan media audio pembacaan puisi.
• Siswa bertanya jawab tentang cara membaca puisi (menanya).
Ayo Berlatih
• Siswa bertanya tentang puisi yang disampaikan gurunya (menanya).
• Siswa membuat pertanyaan tentang puisi yang didengarnya (menanya).
• Siswa menukarkan pertanyaan yang dibuat dengan teman sebangku
(mengomunikasikan).
• Siswa saling menjawab pertanyaan (menalar).
Ayo Berdiskusi
• Siswa menentukan makna kata yang terdapat di dalam teks puisi yang didengarnya (menalar).
• Siswa berdiskusi bersama temannya (mengomunikasikan).
• Siswa menulis hasil diskusinya di dalam kolom yang sudah disediakan (mencoba).
• Siswa mencari kata di dalam kotak sesuai dengan kata di dalam isi puisi (mencoba).
• Siswa melakukannya secara berkelompok (mencoba).
Ayo Membaca
• Siswa kembali bertanya jawab tentang cara berpuisi (menanya).
• Siswa membacakan puisi “Burung Kutilang” (mencoba).
• Siswa lain menuliskan tanggapannya di dalam kolom yang sudah
disediakan (mengomunikasikan).
• Siswa mengomentari tentang penggunaan lafal, intonasi, dan ekspresi (mengomunikasikan).
Ayo Mencoba
• Siswa mengamati gambar Beni bergantungan (mengamati).
• Siswa bertanya jawab tentang cara melakukan gerakan bergantungan
dengan tangan (menanya).
• Siswa mencobakan gerakan bergantungan dengan tangan di bawah
pengawasan guru (mencoba).
• Siswa mencobakan setiap gerak bergantung dengan tangan (mencoba).
Ayo Bercerita
• Siswa bertanya jawab tentang perasaannya setelah melakukan gerak
bergantung dengan tangan (menanya).
• Siswa menyebutkan cara melakukan gerak bergantung dengan tangan (mencoba).
• Siswa menceritakan pengalamannya melakukan gerak bergantung
dengan tangan (mengomunikasikan).
Ayo Berlatih
• Siswa mengamati pilihan gambar yang menunjukkan sikap yang sesuai
dengan sila kedua Pancasila (mengamati).
• Siswa memberikan tanda centang () untuk gambar yang sesuai
(mencoba).
Ayo Mengamati
• Siswa mengamati gambar Ayah menolong Beni (mengamati).
• Siswa bertanya jawab tentang gambar yang diamati (menanya).
Ayo Bercerita
• Siswa bertanya jawab tentang gambar yang sesuai dengan sila kedua
Pancasila (menanya).
• Siswa menyebutkan beberapa gambar yang sesuai (mencoba).
• Siswa bertanya jawab tentang pengalamannya dalam menerapkan sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila (menanya).
• Siswa menceritakan pengalamannya di depan kelas (mengomunikasikan).
• Siswa juga menuliskan pengalaman di dalam kolom yang sudah
disediakan (mencoba).
180 menit
Penutup
1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
     Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
     Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
4.         Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.         Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
6.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit

I.     PENILAIAN
1.    Teknik Penilaian
3. Keterampilan
a. Membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat).
No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Penggunaan kata
dalam santun
berbahasa.
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa tubuh
yang sangat
santun.
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
yang sangat
santun dan
bahasa tubuh
yang cukup
santun atau
sebaliknya.
Mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang cukup
santun.
Belum mampu
menggunakan
bahasa verbal
dan bahasa
tubuh yang
santun.
2
Penggunaan lafal,
intonasi, dan
ekspresi.
Mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
Mampu
sebagian besar
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.
Mampu
sebagian kecil
mempraktikkan
menggunakan
lafal, intonasi, dan
ekspresi dengan
tepat.
Belum mampu
mempraktikkan
dalam
menggunakan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
dengan tepat.



b. Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan).
No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Memilih alat
ukur yang sesuai
dengan benda.
Mampu memilih
semua alat ukur
yang sesuai
dengan benda.
Mampu memilih
sebagian besar
alat ukur yang
sesuai dengan
benda.
Mampu memilih
sebagian kecil alat
ukur yang sesuai
dengan benda.
Belum mampu
memilih semua
alat ukur yang
sesuai dengan
benda.
2
Mengukur
panjang benda.
Mampu mengukur
panjang benda
yang sesuai
dengan ukuran
yang sebenarnya.
Mampu
mengukur
sebagian besar
benda yang
sesuai dengan
ukuran yang
sebenarnya.
Mampu mengukur
sebagian kecil
benda yang sesuai
dengan ukuran
yang sebenarnya.
Belum mampu
Belum mampu
mengukur
panjang benda.
c. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila pertama di rumah..
No.
Kriteria
Baik Sekali(4)
Baik(3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Menceritakan tiga
sikap sesuai sila
pertama Pancasila
berdasarkan
pengalaman..
Mampu
menceritakan tiga
sikap sesuai sila
pertama Pancasila
berdasarkan
pengalaman.
Mampu
menceritakan
dua sikap sesuai
sila pertama
berdasarkan
pengalaman.
Mampu
menceritakan satu
sikap sesuai sila
pertama Pancasila
berdasarkan
pengalaman.
Belum mampu
menceritakan
sikap sesuai
sila pertama
Pancasila
berdasarkan
pengalaman.
2
Volume Suara
Terdengar sampai
seluruh ruang
kelas.
Terdengar
sampai
setengah ruang
kelas.
Terdengar hanya
bagian depan
ruang kelas.
Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar.


Mengetahui
Kepala Sekolah





............................................
   NIP......................................

NIP......................................
Guru Kelas  2





............................................
 NIP......................................


Untuk lebih jelasnya silahkan unduh dibawah ini melalui link yang sudah kami sediakan.

RPP Kelas 2 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tematik

Download Juga :

Demikianlah yang dapat kami informasikan, semoga dari Unduh RPP Kelas 2 Revisi 2019 Semester 2 dapat membantu rekan-rekan guru untuk menyelesaikan administrasi di sekolah.

0 Response to "Contoh RPP K13 Kelas 2 Revisi 2018 Semester 2"

Post a Comment